KEKUATAN DZIKIR UNTUK MENENANGKAN HATI

Berdoa merupakan suatu amalan yang ditujukan kepada Allah untuk meraih ketenangan hati. Namun terkadang banyak orang yang belum merasakan ketenangan terhadap persoalan yang tengah dihadapi, meskipun telah berdoa kepada Allah. Karena untuk mendapatkan ketenangan hati perlu didukung dengan amalan lain seperti wirid, dzikir, atau lainnya.
Dalam sebuah hidup, tentunya banyak permasalahan yang dialami oleh setiap manusia. Namun hendaknya, segala persoalan yang ada, tidak dijadikan sebagai alasan untuk berputus asa. Segala persoalan, jika diikhlaskan serta diikhtiarkan kepada Allah tentunya dapat diatasi dengan baik.
Tak dapat dipungkiri, bahwa dzikir merupakan sebuah amalan yang dapat menenangkan hati, serta dapat memperlancar pemikiran agar mampu menyelesaikan segala persoalan dengan benar dan lancar.
Maka banyak ulama’ atau Kyai yang menyarankan agar seseoang selalu melaksanakan dzikr baik dalam keadaan susah maupun senang. Hal ini karena dzikir memiliki kekuatan yang luar biasa untuk menenangkan hati.

Lalu bagaimana cara berdzikir agar dapat menenangkan hati, berikut langkah-langkah dalam menjalankan dzikir untuk mencapai ketenangan hati yang sempurna :

1. Menanamkan niat
Tanamkan niat, itulah hal yang pertama kali sebelum melakukan dzikir. Niat yang ditanamkan adalah dengan memikirkan dzkir, bukan memikirkan persoalan yang sedang Anda alami. Maksudnya, segala persoalan yang sedang Anda alami, dilupakan sejenak diganti dengan amalan dzikir. Dengan memfokuskan amalan dzikir yang sedang Anda lakukan maka akan memberikan energi positif untuk hati dan pikiran Anda.

2. Bersyukur dan ikhlas
Ketika Anda tertimpa musibah, maka akan muncul perasaan negatif pada diri nada. Maka hilangkanlah rasa tersebut dengan bersyukur dan ikhlas. Dengan cara bersyukur, karena mungkin persoalan yang Anda alami adalah ujian untuk mencapai kesuksesan, maka dalam diri Anda akan tercipta sebuah keikhlasan dalam menerimanya.

3. Ikhtiar dan pasrah
Segala usaha yang Anda lakukan jika tidak disertai dengan ikhtiar kepada Allah maka hasilnya tidak akan maksimal dan berkah. Sehingga segala sesuatu yang Anda lakukan atau alami, hendaknya disertai dengan ikhtiar yaitu berdzikir dan berdoa agar segala usaha yang Anda lakukan mendatangkan manfaat.
Selain itu, berpasrah juga merupakan hal yang diperlukan ketika Anda telah melaksanakan usaha. Namun ini tentunya bukan berarti pasrah tanpa usaha, pasrah yang dimaksud adalah, segala usaha yang telah Anda lakukan, maka kemudian pasrah kepada Allah, biarlah Allah menentukan apa hasil yang akan Anda peroleh.

4. Ciptakan perasaan positif
Ketika Anda sedang melaksanakan dzikir, maka ciptakan perasaan positif pada diri Anda, karena dengan memunculkan perasaan positif dapat menghilangkan perasaan khawatir, gelisah serta segala perasaan negatif lainnya.
Antara apa yang Anda ucapkan dengan apa yang Anda rasakan harus sesuai. Karena jika tidak tercipta keserasian antara hati dan ucapan maka dzikir yang Anda lakukan tidak berfaedah. Sehingga untuk menciptakan hati yang tenang maka hilangkanlah segala perasaan negatif pada diri Anda.

Kunci dalam meraih kesuksesan dalam berdzikir yang mampu menciptakan ketenangan hati adalah berniat untuk berdzikir semata-mata untuk mendekatkan diri kepada Allah. Berdzikir bukan hanya dijadikan sebagai amalan yang dilakukan hanya ketika mendapatkan masalah saja, namun hendaknya dijadikan sebuah amalan yang dilakukan setiap waktu, misalnya setelah melakukan salat wajib.

Berdzikir semata-mata bukan hanya untuk tujuan menghilangkan persoalan, namun dijadikan sebuah kebiasaan untuk mempercayai akan kuasa Allah. Kekuatan luar biasa yang diciptakan dzikir akan mampu memunculkan hati yang tenang.
Sehingga dalam menanggapi sebuah persoalan kehidupan, dapat dilakukan dengan baik. Serta untuk mengatasinya, mampu diatasi dengan cara yang baik, karena memiliki hati yang tenang serta pikiran jernih yang dihasilkan dari berdzikir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 Jendela Hati | ScrollMe by AccessPress Themes