Masya Allah, Inilah 5 Ibadah Agar Muslimah Semakin Cantik dan Menawan

Hal yang bisa membuat muslimah senantiasa memelihara hati yaitu dengan melaksanakan ibadah. Bentuk ketaatan pada Allah ini bisa terus-menerus menjadikan wanita waspada dalam melakukan tindakan dan tingkah lakunya.
Dari sekian banyak ibadah baik wajib ataupun sunnah, ternyata banyak diantaranya yang bisa membuat wanita akan jadi lebih cantik. Bukan asal-asalan, hal tersebut di dukung dengan kajian ilmiah yang menguatkan. Sehingga bukan sekedar cantik dari luar, tetapi kecantikan akan terpancar dari dalam. Apa saja ibadah tersebut?

1. Wudhu

Ibadah pertama yang dapat membuat wanita makin cantik yaitu berwudhu. Ibadah ini mempunyai tujuan untuk mensucikan diri dari hadast kecil. Saat akan salat, jadi laki-laki atau wanita harus melakukan ibadah wudhu terlebih dahulu.
Dalam sehari semalam, muslimah berwudhu minimum lima kali saat sebelum melakukan salat wajib. Hal tersebut tentu sangatlah berpengaruh pada kebersihan badan baik dari debu serta kotoran yang melekat di muka, tangan, kaki serta anggota badan lain yang terbasuh widhu.

Dalam penelitiannya, Julia Serge dari National Intitute for Human Genome Research menuliskan bahwa terdapat banyak bakteri yang hidup di badan manusia. Di lengan saja hidup sedikitnya 44 type bakteri yang bisa merusak kesehatan. Bakteri ini dapat hilang bila dibilas dengan air. Kapan lagi orang dapat terkena air selain waktu mandi dua kali satu hari? Ya muslim pantas berbangga karena dengan wudhu mereka bisa berjumpa dengan air minimum lima kali satu hari.
Jadi tidak begitu mengherankan bila muslimah yang teratur berwudhu aura kecantikannya lebih tampak di banding mereka yg tidak. Bila Anda tidak yakin, cobalah bandingkan orang yang sama-sama datang dari suku yang terkenal warna kulitnya agak gelap. Ternyata wanita muslimah yang tentunya biasa berwudhu berwajah lebih mudah dikenali dengan pancaran kecantikan yang lebih ‘bersinar’ meskipun keduanya sama – sama putih
Bukankah Nabi Muhammad juga pernah menerangkan kalau pada hari kiamat kelak Ia dapat mengetahui umatnya karena ada sisa wudhu.

“Sejatinya ummatku pada hari qiyamat akan tiba dalam keadaan muka serta ujung-ujung tangan serta kakinya bercahaya pertanda mereka berwudlu semasa hidupnya di dunia“ (diriwayatkan oleh Al Bukhari serta Muslim)

2. Puasa

Wanita di luar sana melaksanakan diet ketat untuk dapat memperoleh badan ideal. Seringkali aktivitas ini malah menimbulkan penyakit. Daripada diet tetapi tak bernilai ibadah, sebagai muslimah seharusnya mencoba langkah diet yang bernilai ibadah berikut ini. Ya, dengan berpuasa kita bukan hanya menahan diri dari lapar saja, tetapi juga dari nafsu serta syahwat, dari amarah serta mengontrol emosi.
Puasa akan berdampak psikologis berwujud timbulnya ketenangan serta kedamaian. Hal tersebut akan berpengaruh pada fisik dalam membentuk guratan-guratan wajah yang lebih teduh serta anggun. Selain itu, rutin puasa sunnah adalah satu diantara diet yang efektif untuk memelihara tubuh muslimah tetap langsing.

3. Shalat Tahajud

Salat juga dapat menambah kecantikan para muslimah. Terutama salat tahajud yang dikerjakan saat malam hari saat beberapa orang memilih untuk tidur. Rasulullah SAW menyampaikan bahwa Salat Tahajud dapat bikin muka lebih berseri-seri.
“Setan membuat tiga ikatan di tengkuk (leher bagian belakang) kalian ketika tidur. Di tiap-tiap ikatan setan akan mengatakan, “Malam masih panjang, istirahatlah! ”. Bila dia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan. Lalu bila dia berwudhu, terlepas lagi satu ikatan. Lalu bila dia mengerjakan sholat, lepaslah ikatan paling akhir. Pada pagi hari dia akan bersemangat serta bergembira. Bila tidak melakukan seperti ini, dia tak ceria serta jadi malas. ” (HR. Bukhari serta Muslim).
“Barangsiapa banyak melaksanakan shalat pada malam hari, wajahnya akan berseri pada pagi hari” (HR. Ibnu Majah)
Menurut anda, kira-kira cantikan mana antara wanita yang wajahnya ceria atau mereka yang lesu? Tentunya mereka yang wajahnya berseri-seri, karena dengan itu dapat menimbulkan aura positif terhadap lingkungannya. Serta ini adalah perkataan dari Nabi Muhammad, yang mendapatkan pengetahuan tersebut dari Allah. Sebagai wanita muslim, tak ada kelirunya berusaha untuk merutinkan ibadah yang satu ini. Karena tidak hanya bertabur keistimewaan, salat tahajud juga bisa membuat diri semakin cantik.

4. Zakat serta Sedekah

Bagaimana bisa zakat serta sedekah semakin mempercantik diri? Ya memang benar. Zakat serta sedekah sama juga dengan mengeluarkan harta kita untuk orang lain. Hal tersebut menghindarkan muslimah dari kecintaannya pada duniawi. Orang yang cinta dunia akan lebih cepat stres memikirkan apa yang bisa dibeli lagi, bagaimana menyimpan uang supaya menjadi banyak, memikirkan banyak barang punya tetangga yang harga nya lebih mahal.
Tetapi bila mereka tidak memikirkan hal semacam itu, serta lebih bahagia berbagi dengan orang lain, maka beban hidupnya akan semakin kecil. Makanya tingkat stresnya juga tidak semakin besar. Stres dapat berpengaruh dalam wajah. Kita dapat melihat bagaimana ketidaksamaan muka orang yang takut dengan orang yang tengah senang. Demikian pengaruh zakat serta sedekah dalam membentuk muka muslimah.

5. Dzikir

Dzikir merupakan aktivitas mengingat Allah SWT dengan lafadz-lafadz. Tak disangkal kalau ibadah ini dapat menimbulkan ketenangan jiwa. Hal tersebut juga telah diterangkan dalam Alquran. Bahwa hanya dengan mengingat Allah hati dapat merasa tentram.
“ (Yakni) orang-orang yang beriman serta hati mereka tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, cuma dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram” (QS. Ar Ra’d : 28)
Seperti sebelumnya, ketenangan dan kententraman bisa menimbulkan efek di wajah seseorang. Mereka yang tenang serta tentram cenderung nampak cerah serta berseri-seri. Maka dari itu muslimah yang rajin berdzikir, wajahnya akan lebih cantik serta anggun. Wallahu a’lam bish shawab… Mudah-mudahan ulasan ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 Jendela Hati | ScrollMe by AccessPress Themes